.quickedit{ display:none; }

Tuesday 19 May 2015

Meski karanganyar belum popular di kalangan traveller, ternyata mempunyai telaga madirda yang indah.

telaga madirda, surga cantik yang belom populer di kalangan traveller.

telaga madirda, surga seharga Rp. 1000
ganbar via: :detiktravel.com


bikerscungkring - Nama Karanganyar di Jawa Tengah memang belum populer di kalangan traveler. Namun ternyata, ada sebuah telaga jernih nan indah yang bernama Telaga Madirda. Selain jernih, alam di sekitarnya pun masih begitu hijau.

Mumpung sekarang lagy  long weekend, buat yang suka travelling tapi masih bingung mencari destinasi yang pas untuk di kunjungi. Mungkin telaga madirda ini cukup menjadi destinasi pilihanmu. Karena kondisi alamnya yang masih alami nan eksotis. Dan belum banyak yang tahu, jadi bisa leluasa menikmati indahnya telaga mdirda di waktu liburan ini. Ajak keluarga,mu atau pasangan dan temenmu mungkin jadi lebih asyik.

bagi anda yang lewat jalur  Solo menuju Karanganyar di tempuh dengan waktu sekitar 1 jam saja. Tapi berhubung belum populer, Anda tidak bakal menemukan papan penanda arah menuju Telaga Madirda. Satu-satunya patokan hanyalah Air Terjun Jumog yang berada tidak jauh.

Jalanan menuju Telaga Madirda terbilang cukup mulus dengan kontur naik turun. Adapun Anda tidak akan menjumpai kendaraan umum selepas jalan utama. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima jika ingin berkunjung ke Telaga Madirda.

Dalam perjalanan menuju Telaga Madirda, mata akan dimanjakan oleh hijaunya alam dan sejuknya udara Karanganyar. Di satu sisi tampak perbukitan hijau dan teras sawah seperti di daerah Ubud, Bali. Bedanya, suasana di sini masih cukup alami dan belum banyak dibangun.

Sesampainya di Telaga Madirda, mata Anda dibuat terpana oleh jernihnya air. Saking jernihnya tampak lumut hijau, ikan, hingga ular kecil yang sesekali tampak berenang di telaga. Airnya pun begitu dingin karena mengalir langsung dari sumber air di pegunungan. Segar!


jangan lewatkan juga menyaksikan acara adat melasti, menjelang upacara hari raya nyepi 31 maret mendatang, umat hindu di karanganyar menggelar upacara melasti di telaga madirda, kec. margoyoso. sebagai simbol pembersihan dosa.
upacara adat melasti di telaga madirda karanganyara
upacara adat melasti telaga madirda, Karanganyar.


rute jalan
telogo madirdo, tepatnya terletak di Dusun tlogo,berjo,ngarjoyoso,karanganyar. walaupun terletak di lereng gunung lawu dengan ketinggian sekitar 900m di atas permukaan air, letak potemsi wisata ini cukup strategis. hal itu mengingat kedekatannya dengan onjek wisata andalan Kabupaten karanganyar yang lainnya. seperti, grojokan sewu.situs planggatan,candi sukuh,wisata air terjun jumok.
untuk mencapai telaga madirda, dapat di lakukan melewati dua jalur utama dan satu jalur alternatif. yang pertama melalui pintu gerbang Candi sukuh dan Candi cetho, serta menuju air terjun jumok, yang juga terletak di Kec. ngargoyoso. jarak dari pintu gerbang ini kurang lebih sepanjang 7 kilometer. karena berada di lereng gunung lawu, maka kondisi jalan menuju telaga mdirda cukup terjan dan berkelak-kelok. meski demikian kondisi jalan ini masih cukup nyaman untuk di lewati mobil maupun motor. sementara angkutan umum yang melalui rute ini adalah bus jurusan karangpandan-ngargoyoso.
sedangkan jalur kedua, untuk menuju telogo madirdo, adalah melalui desa karang, yang berada pada kilometer 34 jalan raya solo-tawangmangu. jalur ini merupakan jalur yang cukup berkembang karena juga merupakan gerbang menuju agro wisata amanah yang jaraknya kurang lebih 1,5 kilometer dari jalan raya solo-tawangmangu. dan pintu gerbang amanah menuju telaga madirda,harus melalui jalan kabupaten dan jalan desa kurang lebih sekitar 5 kilometer. kondisi jalan tak jauh berbeda dengan jalur utama, cukup terjal dan berkelak-kelok. sementara rute ketiga melalui grojokan sewu: yaitu melalui jalan desa tengklik tawangmangu- ke arah desa berjo menuju telaga madirdo. rute ini adalah jalur alternatif dari arah grojokan sewu-tawangmangu. 




No comments :

Post a Comment